Saturday, February 16, 2013

Para Waria dan Gay Indramayu Diperiksa

Sejumlah kaum waria dan kaum guy se-Kecamatan Jatibarang dan sekitarnya setiap Jumat dilakukan pembinaan dan pemeriksaan kesehatan di Puskesmas Jatibarang. Hal tersebut berdayaguna untuk mencegah dan menanggulangi timbulnya penyakit HIV/AIDS bagi kaum waria. Untuk menghadirkan sejumlah waria, pihak puskesmas melakukan undangan ke masing waria yang pada malam hari suka nongrong di sekitar Stasiun Jatibarang. Ternyata dari sekian banyak undangan yang datang hanya sekitar 154 orang waria dan di dalamnya terdapat beberapa kaum guy.
Bagi para waria dan kaum guy yang hadir diberi pengarahan di aula puskesmas oleh sejumlah tim medis. Pengarahan mengenai timbulnya penyakit HIV/AIDS yang selama ini banyak menimpa mereka akibat sering melakukan hubungan seksual bebas. Jika penyakit tersebut tidak segera diantisiapasi akan berakibat kematian.
“Untuk itu kepada seluruh kaum waria dan guy, yang merasa dirinya sering melakukan hubungan seksual dengan bebas, dimohon untuk segera menghentikan perbuatan tersebut. Selain berdosa juga akan menimbulkan penyakit HIV/AIDS yang berakibat kematian,” kata dr. Hj. Titin Ning Prihatini, M.H.Kes., kepala Puskesmas Jatibarang.
Setelah dilakukan pembinaan selama dua jam, satu per satu kaum waria dan kaum guy menjalani pemeriksaan. Dari hasil pemeriksaan Kepala Puskesmas Jatibarang termasuk para tim medis lainnya tidak bersedia menyebut nama waria dan guy yang terindikasi HIV/AIDS. Menurut dr. Titin, bagi waria dan guy yang terindikasi HIV/AIDS akan terus dilakukan pengobatan, hal tersebut dikandung maksud agar penyakit tersebut tidak mengembang dan juga tidak menular kepada yang lain. Sebaliknya bagi yang sudah parah, pihaknya akan melaporkan ke instansi berwenang untuk menangulanginya.
Salah seorang waria, Heny, merasa gembira sejumlah kaum waria dan kaum guy diberikan pembinaan tentang kesehatan oleh tim medis Puskesmas Jatibarang. Dengan pembinaan itu pihaknya sedikitnya menjadi tahu akan bahaya HIV/AIDS. Hanya saja, Heny menyayangkan di antara sekian banyak teman-temannya, masih banyak yang tidak hadir, dengan alasan ketakutan barangkali undangan tersebut nantinya akan bermasalah alias digaruk pihak berwajib. Padahal dengan pembinaan dan pemeriksaan kesehatan membantu untuk mencegah datangnya berbagai penyakit yang dilakukan kaum waria dan kaum guy. • undang



0 comments:

Pengikut

Langganan via Email

 

Buku Tamu

Arsip Berita