Enter Your Domain Here....

Tuesday, November 15, 2011

SMPN 1 Losarang Dinilai Tim Lomba UKS Jabar

SMPN 1 Losarang yang telah terpilih sebagai juara pertama Lomba UKS Tingkat Eks Wilayah III Cirebon baru-baru ini dinilai oleh Tim Lomba UKS Tingkat Jawa Barat. Sekolah yang dipimpin H. Soim Muhadir, M.Pd. ini mampu mengalahkan keempat SMP Negeri pesaingnya dari Kabupaten Majalengka, Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon dan Kabupaten Kuningan. Tepatnya pada Kamis 24 November 2011 Tim Lomba UKS Jawa Barat menilai perwakilan dari Kabupaten Indramayu itu.

“Insya Allah sekolah kami bisa meraih juara UKS tingkat Jawa Barat,” kata Soim Muhadir optimis.

Soim mengakui SMPN 1 Losarang pantas meraih juara di tingkat Eks Wilayah III Cirebon, bahkan di tingkat Provinsi. Pasalnya di sekolah yang berada di pinggiran pantai ini mampu menciptakan suasana panas menjadi sejuk, indah dan nyaman. Selain itu kebersihan, dan kesehatan sekolah selalu diutamakan.

Sejuk dan nyamanya SMPN 1 Losarang, karena di sekitar lingkungan sekolah tumbuh pepohonan rindang, dilengkapi pertamanan asri dan marak dengan tanaman aneka bunga. Di belakang sekolah terdapat kolam ikan sebanyak 12 buah dan telah ditebari aneka ikan. Di sekelilingnya tumbuh pepohonan rindang.

Tidak seperti sekolah lainnya, SMPN 1 Losarang tidak tersedia air bersih PDAM. Meski demikian pihak sekolah mampu berupaya menciptakan sumber air dengan membuat galian sedalam 1.000 meter. Dengan tersedianya sumber air bersih melalui sumur itu, hasilnya mampu dijadikan untuk kebutuhan hajat hidup sekolah termasuk menyirami tanaman dan mengisi air di kolam ikan.

Bukan hanya mampu menciptakan air bersih, SMPN 1 Losarang mampu mengendalikan banjir di kala musim penghujan. Hal itu dikarenakan telah tersedianya drainase dan saluran pembuangan air dari sekolah ke sungai. Sebaliknya di kala musim kemarau semua tanaman tak pernah mati dan selalu tetap menghijau.

Pada kriteria lomba UKS, tertera upaya sekolah dalam memasyarakatkan kebersihan bagi para siswa. Peranan sekolah dalam memasyarakatkan kebersihan lingkungan, dan pendayagunaan fungsi UKS dalam kehidupan sehari-hari. Kriteria tersebut sudah dijalankan sekolah jauh sebelum lomba UKS dilaksanakan.

“Pada upaya UKS kami telah bekerja sama dengan puskesmas setempat. Kami sudah bekerjasama dengan dua dokter puskesmas yang kebtulan kedua dokter tersebut adalah mantan siswa SMPN 1 Losarang. Dengan demikian fungsi UKS di sekolah kami sudah berjalan dengan baik,” kata Soim Muhadir.

SMPN 1 Losarang memiliki areal tanah seluas 3 hektar. Lahan yang luas dibangun sarana belajar, ruangan ekstrakurikuler, ruang guru dan tata usaha, serta di belakangnya terdapat kolam sekolah untuk kegiatan ekstra para siswa. Tersedia puluhan WC serta sanitasi lainnya. Sebuah masjid dipergunakan sholat fardlu, sholat Jumat dan kegiatan keagaman bagi para siswa dan guru.
“Mohon doa restu mudah-mudahan, pada tahun pelajaran 2011-2012 sekolah kami biasa meraih juara UKS tingkat Jawa Barat,” harap Soim Muhadir yang memimpin 1.200 siswa dan 80 guru serta tata usaha.
(rofi/undang)

0 comments:

Pengikut

Langganan via Email

 

Buku Tamu

Arsip Berita