Thursday, August 18, 2011

LPPKS Solo Selenggarakan ToT CKS

LPPKS Solo Selenggarakan ToT CKSLembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Surakarta secara serius mulai melaksanakan fungsinya sebagai lembaga resmi yang mempersiapkan para kepala sekolah Indonesia di masa depan. Hal itu dilakukan dengan melakukan sosialisasi Permendiknas Nomor 28 tahun 2011 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah sepanjang tahun 2010 hingga pertengahan tahun 2011. Selepas itu, belum lama ini (8 sampai 12 Agustus 2011), lembaga tersebut melaksanakan Training of Trainers (ToT) Penyelenggaraan Rekrutmen dan Seleksi Calon Kepala Sekolah bertempat di Lor Inn International Hotel Jalan Adisucipto No. 147 Surakarta, Jawa Tengah.
Menurut Prof. Dr. Siswandari, M.Stats. selaku Kepala LPPKS Solo, kegiatan itu diselenggarakan dengan latar belakang telah diberlakukannya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah. Permendiknas itu, menurutnya, menyatakan bahwa penyiapan calon kepala sekolah/madrasah meliputi rekrutmen serta pendidikan dan pelatihan calon kepala sekolah/madrasah. Calon kepala sekolah/madrasah direkrut dari guru yang telah memenuhi persyaratan umum dan diusulkan oleh kepala sekolah/madrasah dan/atau pengawas yang bersangkutan. Seleksi calon kepala sekolah/madrasah meliputi seleksi administrative dan akademik. Seleksi administratif dilakukan melalui penilaian potensi kepemimpinan dan penguasaan awal terhadap kompetensi calon kepala sekolah/madrasah.

LPPKS sendiri, menurut Prof. Siswandari, merupakan lembaga yang memiliki tupoksi menyiapkan, mengembangkan, dan memberdayakan kepala sekolah. Sesuai tupoksinya itulah maka ToT tersebut diselenggarakan. Para peserta terdiri dari unsur pejabat eselon IV perwakilan dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, widyaiswara LPMP, dan widyaiswara PPPPTK dari seluruh Indonesia.
ToT tersebut merupakan awal sebelum dilaksanakannya piloting Pendidikan dan Pelatihan calon kepala sekolah tahun depan (2012). Kabupaten Indramayu, merupakan salah satu kabupaten yang akan mengirimkan para calon kepala sekolahnya untuk didiklat. Di Jawa barat, selain Indramayu, kabupaten yang juga akan menjadi sasaran piloting adalah Purwakarta, Karawang, Bekasi, Tasikmalaya, dan Depok. • rofi

0 comments:

Pengikut

Langganan via Email

 

Buku Tamu

Arsip Berita