Tuesday, November 16, 2010

Warlem - Pengentasan Kemiskinan di Indramayu

Pengentasan Kemiskinan di Indramayu
* Satu minggu harus selesaikan 480 rakyat miskin

Pasangan Bupati dan Wakil Bupati Indramayu yang baru Hj. Anna Sophanah dan Drs. H. Supendi, M.Si. pada tahun 2011 mendatang mendapatkan pekerjaan rumah yang sangat krusial yakni pengentasan kemiskinan di daerah dengan sebutan lumbung padi ini.

Menjelang berakhirnya masa jabatan Bupati Indramayu DR. H. Irianto M.S. Syafiuddin pada 12 Desember 2010 mendatang, beliau nampaknya tidak ingin melepas tangan begitu saja dengan permasalahan yang masih dominan di wilayahnya yakni tingginya penduduk miskin yang mencapai 32 persen. Sadar dengan pekerjaan rumah yang masih sangat banyak maka ia telah menyiapkan formula jitu untuk menyelamatkan penduduk miskin agar ke luar dari situasi tersebut.

Pada tahun 2011 mendatang, seluruh jajaran akan digerakan semua mulai dari institusi paling bawah seperti RT/RW, kuwu, camat, kepala OPD, hingga bupati untuk saling bahu-membahu mengatasi kemiskinan tersebut. Lembaga yang akan sangat dominan dalam penyelesaian kemiskinan adalah Yayasan Gempur Gakin dan juga Bazis.

Dalam suatu rapat koordinasi yang digelar di Ruang Data II beberapa waktu lalu yang dihadiri oleh camat se-Kabupaten Indramayu bupati menekankan, pengentasan kemiskinan ini harus sudah dalam tataran aplikasi yang bukan hanya sebuah angan-angan yang tidak pasti. Untuk menjawab hal itu program Bupati ketemu rakyat (BKR) dan juga Camat ketemu rakyat (CKR) dalam pelaksanaannya harus lebih baik jika dibandingkan tahun 2010 ini.

Bupati menjelaskan, sebagai langkah nyata pengentasan kemiskinan setiap minggu di masing-masing kecamatan harus bisa menyelesaikan permasalahan warga miskin sebanyak 15 orang maka jika dikalikan 31 kecamatan ditambah dengan 1 lokasi yang berada di pendopo maka dalam satu minggu warga miskin yang dapat diselamatkan sebanyak 480 orang. Kemudian dalam satu bulan bisa mencapai 1.920 orang dan dalam 1 tahun warga miskin yang bisa diselamatkan bisa mencapai 23.040 orang.

Guna mendukung rencana kebijakan tersebut, Pemerintah Kabupaten Indramayu telah menyiapkan dana sebesar 15 miliar rupiah untuk tahun 2011 mendatang. Diharapkan dengan pengentasan kemiskinan ini visi Indramayu Remaja bisa berjalan dengan maksimal yang pada akhirnya mampu mensejahterakan masyarakatnya. • deni

0 comments:

Pengikut

Langganan via Email

 

Buku Tamu

Arsip Berita